Selasa, 20 Juni 2017

Penentuan Posisi Pasar menurut Fayakhun Andriadi



Bagi Fayakhun Andriadi, penentuan posisi pasar penting karena merupakan dasar dari strategi pasar. Di sini perusahaan berusaha memilih pola kosentrasi pasar secara khusus yang bisa memberinya kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor. Perusahaan dapat segera melaksanakan operasinya setelah memperoleh posisi tertentu di pasar.
Oleh karena itu menurut Fayakhun Andriadi, sasaran pasarnya harus ditentukan dulu. Mengapa segmen begitu menarik perhatian menurut Fayakhun Andriadi bagi suatu perusahaan? Segmen pasar menurut Fayakhun Andriadi, dianggap mempunyai daya tarik bilamana di dalamnya terdapat sifat-sifat seperti : segmen yang cukup besar, cukup potensial untuk berkembang lebih lanjut, tidak dikuasai oleh pesaing-pesaing yang ada, dan segmen pasar itu masih membutuhkan sesuatu yang dapat dipenuhi oleh perusahaan.
Jadi menurut Fayakhun Andriadi, dapat dikatakan bahwa untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan harus bisa memasuki segmen pasar yang dapat menghasilkan penjualan dan tingkat keuntungan yang besar. Untuk menentukan posisi perusahaan Anda di pasar, menurut Fayakhun Andriadi, ada dua macam strategi yang dapat anda lakukan.
Pertama, menurut Fayakhun Andriadi, kosentrasi segmen tunggal, yakni suatu strategi yang ditempuh di mana perusahaan dapat menempatkan diri atau memberi perhatian penuh pada satu segmen saja sehingga mempunyai posisi yang kuat. Kedua menurut Fayakhun Andriadi, konsentrasi segmen ganda, adalah salah satu strategi yang dapat ditempuh oleh perusahaan agar mendapat posisi yang kuat dengan memenuhi beberapa segmen.
Hal ini menurut Fayakhun Andriadi, didasarkan atas pertimbangan bahwa kekuatan pada satu segmen dapat memberi keuntungan pada segmen lain, dan keudanya saling melengkapi. Jadi menurut Fayakhun Andriadi, usaha menguasai satu segmen pasar dapat dilakukan secara bersama dengan menguasai segmen pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar