Bagi
Fayakhun Andriadi, penentuan posisi
pasar penting karena merupakan dasar dari strategi pasar. Di sini perusahaan
berusaha memilih pola kosentrasi pasar secara khusus yang bisa memberinya
kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor. Perusahaan dapat
segera melaksanakan operasinya setelah memperoleh posisi tertentu di pasar.
Oleh
karena itu menurut Fayakhun Andriadi, sasaran
pasarnya harus ditentukan dulu. Mengapa segmen begitu menarik perhatian menurut
Fayakhun Andriadi bagi suatu
perusahaan? Segmen pasar menurut Fayakhun
Andriadi, dianggap mempunyai daya tarik bilamana di dalamnya terdapat
sifat-sifat seperti : segmen yang cukup besar, cukup potensial untuk berkembang
lebih lanjut, tidak dikuasai oleh pesaing-pesaing yang ada, dan segmen pasar
itu masih membutuhkan sesuatu yang dapat dipenuhi oleh perusahaan.
Jadi
menurut Fayakhun Andriadi, dapat
dikatakan bahwa untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan harus bisa memasuki
segmen pasar yang dapat menghasilkan penjualan dan tingkat keuntungan yang
besar. Untuk menentukan posisi perusahaan Anda di pasar, menurut Fayakhun Andriadi, ada dua macam
strategi yang dapat anda lakukan.
Pertama,
menurut Fayakhun Andriadi, kosentrasi
segmen tunggal, yakni suatu strategi yang ditempuh di mana perusahaan dapat
menempatkan diri atau memberi perhatian penuh pada satu segmen saja sehingga
mempunyai posisi yang kuat. Kedua menurut Fayakhun
Andriadi, konsentrasi segmen ganda, adalah salah satu strategi yang dapat
ditempuh oleh perusahaan agar mendapat posisi yang kuat dengan memenuhi
beberapa segmen.
Hal
ini menurut Fayakhun Andriadi, didasarkan
atas pertimbangan bahwa kekuatan pada satu segmen dapat memberi keuntungan pada
segmen lain, dan keudanya saling melengkapi. Jadi menurut Fayakhun Andriadi, usaha menguasai satu segmen pasar dapat
dilakukan secara bersama dengan menguasai segmen pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar